Kisah mereka yang tubuhnya di dunia namun disingkapkan-Nya pandangannya sehingga dapat melihat Rasulullah dalam keadaan terjaga
Berikut contoh kisah orang-orang yang dikehendaki Allah Ta’ala yakni tubuh mereka di dunia namun disingkapkan oleh Allah Ta’ala pandangan mereka (mukasyafah) sehingga mereka dapat melihat Rasulullah dalam keadaan terjaga.
Ditanyakan kepada Imam Ibn Hajar Al-Haitami (semoga Allah memberikan kemanfaatan atas ilmunya),
هل يمكن الآن الاجتماع بالنبي في اليقظة والتلقي منه بقوله
“Apakah mungkin zaman sekarang seseorang dapat berkumpul dengan Nabi sallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan terjaga dan mengambil Ilmu langsung dari beliau?”
نعم يمكن ذلك فقد صرح بأن ذلك من كرامات الأولياء الغزالي والبارزي والتاج السبكي والعفيف اليافعي من الشافعية والقرطبي وابن أبي جمرة من المالكية
Imam Ibn Hajar menjawab: ”iya, itu bisa terjadi, dan telah dijelaskan bahwa berkumpul dan mengambil ilmu dari Nabi secara langsung adalah sebagian dari karomah wali-wali Allah seperti Imam Ghazali, dan Al-Barizi, dan Tajjuddiin as-Subki, dan Afiful al-Yafi’i (dari ulama madzhab syafi’i) dan Qurthubi dan Ibn abi jamroh (dari ulama madzhab Maliki).
وقد حكى عن بعض الأولياء أنه حضر مجلس فقيه فروى ذلك الفقيه حديثا فقال له الولي هذا الحديث باطل
Dan dikisahkan: bahwasanya ada sebagian wali Allah menghadiri majlis fiqih, kemudian seorang faqih yang sedang mengajar tersebut meriwayatkan sebuah hadist, lalu Wali tersebut berkata: itu hadist bathil.
أين لك هذا قال هذا النبي واقف على راسك يقول
Sang faqih berkata: darimana engkau mengatakan hadist ini bathil?
Sang wali menjawab: Itu Nabi sedang berdiri di hadapanmu dan beliau bersabda:
إني لم أقل هذا الحديث
”Inniy lam aqul hadzal hadist” (sesungguhnya aku tidak mengucapkan hadist ini)
وكشف للفقيه فرآه
Lalu faqih tersebut dibukakan hijabnya dan beliau pun melihat Nabi. (Al Fatawa Al Haditsiyah Imam Ibn Hajar al-Haitami pertanyaan ke 340, hal: 543)
Contoh lain kisah yang dituturkan oleh al-Habib ‘Ali Ridlo bin Luqman al-Kaff tentang pengalaman pertama kali al-Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi (Shohibul Maulid) , tubuhnya di dunia namun Allah Ta’ala membukakan pandangannya (mukasyafah) sehingga dapat melihat Rasulullah dalam keadaan terjaga
***** awal kutipan *****
Di waktu umur Habibana ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi 7 tahun, ibunda beliau memanggil beliau dan berkata,
“Yaa ‘Ali, engkau mau dapat ridlo ku tidak di dunia dan akhirat..?”
“Iya, ya ummii..” Jawab beliau.
“Kalau engkau mau dapat ridlo dariku, ada syaratnya..!!” Kata ibunda Habib ‘Ali.
“Apa syaratnya, ummi..??”
“Hmm.. Engkau harus bertemu dengan datukmu, Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam.” Jawab ummi beliau.
Habib ‘Ali al-Habsyi yang masih kecil bingung. Dia tidak mengetahui bagaimana cara untuk bertemu dengan datuknya. Mulailah beliau mencari tahu dan belajar dengan guru-gurunya. Pergilah beliau ke salah satu tempat majelis Ulama, kemudian dia berkisah tentang permasalahannya untuk mendapat ridlo ibunya dengan cara seperti tadi. Lalu gurunya berkata, “Yaa ‘Ali, kalau engkau ingin bertemu dengan Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam maka engkau harus mencintai Beliau Shallallahu alaihi wasallam dahulu dan tak akan ada rasa cinta jika engkau tak kenal dengan yang di cinta.”
Belajarlah beliau tentang sejarah Baginda Nabi Shallallahu alaihi wasallam Tidak hanya itu, setiap orang alim yang ada selalu di tanya tentang masalah ini. Walhasil, banyaklah guru beliau. Ada yang berkisah kalau guru beliau mencapai ribuan orang.
Nah.. seiring waktu berjalan, bertambahlah umur beliau sampai mencapai usia kurang lebih 20 tahun, beliau akhirnya bermimpi bertemu datuknya shallallahu alaihi wasallam. Begitu terbangun dari tidurnya, beliau langsung memberitahu ibunya.
“Yaa ummii… ‘Ali sudah bertemu Baginda Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam.” Kata al-Habib ‘Ali sambil menangis haru.
Tetapi, apa jawab ibunda beliau..!!!?? “Yaa ‘Ali, dimana engkau bertemu Beliau?”
“Di dalam mimpiku, Ummii.” Kata al-Habib ‘Ali.
“Yaa ‘Ali, pergi engkau dari hadapanku. Engkau bukan anakku…!!!!”
Menangislah beliau… Keinginan hati untuk menyenangkan sang ibu pupus sudah.
Dalam kegelisahannya, beliau kembali bertanya kepada guru-gurunya, namun tak satupun dapat menjawabnya. Mengapa ibu beliau justru marah setelah mendapat laporan beliau tentang mimpinya.
Pada suatu malam beliau kembali bermunajah untuk dapat bertemu datuknya Shallallahu alaihi wasallam. Larut dalam tangisan tengah malam, al-hasil tidurlah beliau. Dan al-Hamdulillah beliau kembali beremu dengan datuknya Shallallahu alaihi wasallam.
“Yaa Jiddy (Kakek ku), Yaa Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam. Anakmu ini ingin menanyakan tentang perihal ummii.” Kata al-Habib ‘Ali kepada Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam. “Duhai ‘Ali anakku, sampaikan salamku kepada ibumu..” Jawab Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam di dalam mimpinya al-Habib ‘Ali.
Begitu bangun, beliau langsung mengetuk pintu kamar umminya sambil menangis tersedu-sedu. “Duhai Ummii, anakmu telah bertemu lagi dengan Baginda Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam dan Beliau kirim salam kepada Ummii.” Kata al-Habib ‘Ali.
Tiba-tiba dari kamar, ibunda beliau keluar dan berkata, “Yaa ‘Ali, kapan dan dimana engkau bertemu datukmu Shallallahu alaihi wasallam..??” Tanya ibunda al-Habib ‘Ali
“Aku bertemu beliau di dalam mimpiku.” Jawab al-Habib ‘Ali dengan tangisan yang tak putus-putus.
“Pergi dari hadapanku ya ‘Ali…!!! Engkau bukan anakku..!!” Jawabnya.
Jawaban sang ibu benar-benar meruntuhkan hati al-Habib ‘Ali. Kemudian pintu kamar ibunda al-Habib ‘Ali al-Habsyi tertutup lagi, meninggalkan beliau seorang diri.
Esok harinya beliau mengadu kembali kepada guru-gurunya namun tak satupun dari mereka yang dapat menenangkan hati beliau. Semakin hari kegelisahannya semakin menjadi-jadi, setiap detik setiap saat beliau terus-terusan mengadu dan bermunajah serta bertawajjuh kepada Allah dan Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam.
Tibalah suatu malam, beliau hanyut jauh ke dalam lautan munajah dan mahabbah yang amat sangat dahsyat kepada Nabi Shallallahu alaihi wasallam. Kemudian beliau sujud yang sangat lama, tiba-tiba dalam keadaan sujud beliau mendengar suara yang lemah lembut,
“Yaa ‘Ali, angkat kepalamu..!!! Datukmu ada di mata zhohirmu.”
Begitu al-Habib ‘Ali al-Habsyi mengangkat kepalanya seraya membuka kedua pelupuk matanya perlahan-lahan, bergetarlah seluruh tubuh Habibana ‘Ali. Beliau menangis dan berkata, “Marhaba bikum Yaaa Jiddii, Yaa Rosul Allah..” Ternyata sosok tersebut adalah Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam berada di hadapan al-Habib ‘Ali.
Kemudian Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam berkata, “Duhai anakku, sampaikan salamku kepada ummi mu dan katakan kepadanya kalau aku menunggunya di sini..!!”
Seolah-olah gempa. Bergetar sekujur tubuh al-Habib ‘Ali al-Habsyi, beliau merangkak ke kamar ibundanya. “Yaa ‘Ummi, aku telah bertemu kembali dengan Rosul Allah Shallallahu alaihi wasallam dengan mata zhohirku dan Beliau menunggu Ummi di kamar ‘Ali..”
Ibunda beliau membuka pintu kamarnya seraya berkata, “Ini baru anakku engkau telah mendapat ridlo dari ku.”
***** akhir kutipan *****
Contoh lain lewat mimpi dikabarkan “20 sifat wajib Allah” juga diajarkan oleh Rasulullah yang dikelilingi oleh para Sahabat kepada mufti madzhab Maliki di Makkah yakni Al Imam al Allamah Ahmad bin Muhammad Ramadhan bin Manshur al Makki al Marzuki al Maliki al Husaini al Hasani atau yang lebih dikenal sebagai Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki (W. 1281H) dalam bentuk Manzhumah atau kumpulan syair-syair (nazhom) yang dikenal dengan ‘Aqidatul ‘Awam.
Kitab Aqidatul Awam karya Syeikh Ahmad Marzuki Al Maliki adalah contoh kitab yang menjelaskan tentang akidah – akidah yang wajib diketahui bagi setiap mukallaf yang beragama Islam, baligh dan berakal.
Berikut kutipan yang dikabarkan pada https://palontaraq.id/2021/07/08/mengenal-pengarang-isi-dan-terjemah-aqidatul-awwam/
***** awal kutipan *****
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kemudian berkata, “Bacalah sebuah manzhumah (kumpulan syair) Ilmu Tauhid, yang mana siapa pun yang menghafalnya, maka ia akan masuk surga dan mendapatkan sesuatu yang ingin dicapainya berupa segala kebaikan, sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits
Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki bertanya, “Syair apa itu wahai Rasulullah?”
Para Sahabat pun berkata, “Dengarkanlah apa yang dikatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam”
Maka Rasulullah berkata, “Katakanlah,
أَبْدُ بِاسْمِ الله وَالرَّحْمنِ
(Aku memulainya dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih)
hingga bait
وَصُحُفُ الْخَلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ
(Dan pada lembaran-lembaran Kholil dan Kalim – Kisah Nabi Ibrahim alaihissalam yang menjadi kekasih Allah dan Nabi Musa alaihissalam yang telah berbicara kepada-Nya yakni dibukakan hijab atau mukasyafah sehingga dapat memahami al-Kalam adz-Dzati atau kalam an Nafsi yakni kalam Allah yang qadim/kekal yang bukan huruf, bukan suara dan bukan bahasa)
فِيْهَا كَلَامُ الْحَكَمِ الْعَلِيْمِ
(di dalamnya terdapat kalam-kalam hikmah serta pengetahuan).
Maka Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki mengikutinya.
Saat Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki bangun dari tidurnya, beliau pun membaca kembali manzhumah yang didapatkannya dalam mimpi. Beliau lalu menghafalnya dari awal bait hingga akhir.
Dan terjadi lagi kedua kalinya, Syekh Ahmad Marzuki Al Maliki bertemu Rasulullah dalam mimpinya pada waktu sahur (sepertiga malam)
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata, “Bacalah apa yang telah kau himpun di dalam hatimu”.
Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki pun membacanya dari awal hingga akhir di hadapan Rasul, sedangkan para sahabat mengelilinginya seraya mengucap آمين (aamiin) di setiap akhir bait manzhumah yang dibaca Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki.
Tatkala beliau menyelesaikan bacaannya, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam berkata, “Semoga Allah memberikan taufik pada sesuatu yang diridhai-Nya, dan menerima manzhumah itu, serta memberikan keberkahan kepadamu dan Orang-orang yang beriman, juga mereka bisa mengambil manfaat darinya, Aamiin”.
***** akhir kutipan *****
Setelah itu Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki ditanya orang-orang tatkala mereka mengetahui nazhom tersebut, ia pun menjawab pertanyaan mereka, sekaligus menambahkan nazhom tersebut:
وَكُلُّ مَا أَتَى بِهِ الرَّسُوْلُ # فَحَقُّهُ التَّسْلِيْمُ وَالْقَبُوْلُ
(wa kullu ma ata bihi ar-rosulu # fahaqquhu at-taslimu wal qobulu)
hingga selesai yaitu sampai pada bait,
أبْيَاتُهَا ( مَـيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَّل : تَارِيْخُها ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَّلِ
سَـمَّـيْـتُـهَا عَـقِـيْدَةَ الْـعَوَام : مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَمَامِ.
Begitulah asal mula Syekh Ahmad Marzuki Al-Maliki mengarang kitab ini. Awalnya nazhom ini berjumlah 26 bait. Karena kecintaannya kepada baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam ia pun menambahkan 31 bait lagi, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 57 bait.
Manzhumah atau kumpulan syair-syair tersebut dikenal dengan ‘Aqidatul ‘Awam memuat 57 bait. Dimulai pujian kepada Allah dan Rasul-Nya serta para Sahabat dan keluarga Nabi, kemudian kewajiban mengetahui sifat-sifat wajib bagi Allah yang dua puluh, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz seperti contohnya,
***** awal kutipan *****
وبعد فاعلم بوجوب المعرفة # من واجب لله عشرين صفه
Dan setelah itu, ketahuilah tentang wajibnya mengetahui bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib
فالله مـوجـود قـديم باقي مخالف للخلق بالإطلاق
Allah itu Ada (wujud), Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhlukNya secara mutlak
وقائم غني وواحـد وحي # قـادر مـريـد عالم بكل شي
Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
***** akhir kutipan *****
Berikut kutipan tulisan Prof. Dr KH. Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal tentang berguru kepada penghuni alam yang lain yang dimuat pada https://republika.co.id/berita/m4h65z/mungkinkah-berguru-kepada-penghuni-alam-lain-1
***** awal kutipan *****
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,
مَنْ رَآنِي فِي النَّوْمِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّهُ لَا يَنْبَغِي لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَتَشَبَّهَ بِي
“Barang siapa bermimpi melihatku dalam tidurnya, maka sesungguhnya dia benar-benar melihatku; karena setan itu tidak dapat menyerupaiku.” (HR Muslim 4210 atau Syarh Shahih Muslim 2268)
Suatu saat, Imam Al-Ghazali ditanya muridnya perihal banyaknya hadis ahad atau hadis tak populer yang dikutip dalam Ihya’ Ulumuddin.
Lalu, Al-Ghazali menjawab, dirinya tak pernah mencantumkan sebuah hadis dalam Ihya’ tanpa mengonfirmasikan kebenarannya kepada Rasulullah.
Jika ada lebih dari 200 hadis dikutip di dalam kitab itu, berarti lebih 200 kali Imam Al-Ghazali berjumpa dengan Rasulullah.
Padahal, Imam Al-Ghazali hidup pada 450 H/1058 M hingga 505 H/1111 M, sedangkan Rasulullah wafat tahun 632 M. Berarti, masa hidup antara keduanya terpaut lima abad.
Kitab Ihya’ yang terdiri atas empat jilid itu ditulis di menara Masjid Damaskus, Suriah, yang sunyi dari hiruk pikuk manusia.
Pengalaman lain, Ibnu Arabi juga pernah ditanya muridnya tentang kitabnya, Fushush Al-Hikam. Setiap kali sang murid membaca pasal yang sama dalam kitab itu selalu saja ada inspirasi baru.
Menurutnya, kitab Fushuh bagaikan mata air yang tidak pernah kering. Ibnu Arabi menjawab, kitab itu termasuk judulnya dari Rasulullah yang diberikan melalui mimpi. Dalam mimpi itu, Rasulullah berkata, “Khudz hadzal kitab, Fushuh Al-Hikam (ambil kitab ini, judulnya Fushush al-Hikam).”
***** akhir kutipan *****
Orang-orang yang dikaruniai nikmat oleh Allah Ta’ala seperti para Nabi yang ditemui oleh Rasulullah ketika Isra Mi’raj, para shiddiqin, para syuhada’ dan orang-orang sholeh (muslim yang IHSAN) setelah wafat mereka menjadi PENDUDUK LANGIT
Firman Allah Ta’ala yang artinya,
“Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni’mat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang sholeh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya .” (QS An Nisaa [4]: 69)
PENDUDUK LANGIT ketika mereka memasuki ALAM BARZAKH (alam penantian) yang lebih lama dari ALAM DUNIA memperoleh cinta dari Allah Ta’ala berupa rezeki atau ni’mat dari Allah sebagaimana para Syuhada tetap hidup di sisi Allah Ta’ala.
Firman Allah Ta’ala yang artinya,
”Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah (syuhada), (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.” (QS Al Baqarah [2]: 154)
”Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah (syuhada) itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezki.” (QS Ali Imran [3]: 169)
Pada peristiwa Isra Mi’raj , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dipertemukan dengan para Nabi terdahulu yang telah menjadi PENDUDUK LANGIT.
Rasulullah bersabda “Maka Allah pun mengangkatnya untukku agar aku dapat melihatnya. Dan tidaklah mereka menanyakan kepadaku melainkan aku pasti akan menjawabnya. Aku telah melihat diriku bersama sekumpulan para Nabi. Dan tiba-tiba aku diperlihatkan Nabi Musa yang sedang berdiri melaksanakan shalat, ternyata dia adalah seorang lelaki yang kekar dan berambut keriting, seakan-akan orang bani Syanuah. Aku juga diperlihatkan Isa bin Maryam yang juga sedang berdiri melaksanakan shalat. Urwah bin Mas’ud Ats Tsaqafi adalah manusia yang paling mirip dengannya. Telah diperlihatkan pula kepadaku Nabi Ibrahim yang juga sedang berdiri melaksanakan shalat, orang yang paling mirip denganya adalah sahabat kalian ini; yakni diri beliau sendiri. Ketika waktu shalat telah masuk, akupun mengimami mereka semua. Dan seusai melaksanakan shalat, ada seseorang berkata, ‘Wahai Muhammad, ini adalah malaikat penjaga api neraka, berilah salam kepadanya! ‘ Maka akupun menoleh kepadanya, namun ia segera mendahuluiku memberi salam (HR Muslim 251 atau Syarh Shahih Muslim 172)
PENDUDUK LANGIT sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah dalam riwayat di atas ketika peristiwa mi’raj ditemui sedang sholat karena penduduk langit selalu mengingat dan berzikir kepada Allah
Firman Allah Azza wa Jalla yang artinya, “Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah, Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Al Hadid [57]:1)
Imam al-Baihaqi telah membahas sepenggal kehidupan para Nabi. Ia menyatakan dalam kitab Dalailun Nubuwwah: “Para nabi hidup di sisi Tuhan mereka seperti para syuhada.”
Al-Baihaqi mengeluarkan hadis dari Anas radhiyallahu anhu: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya para nabi TIDAKLAH ditinggalkan di dalam kubur mereka setelah empat puluh malam, akan tetapi mereka shalat di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala sampai ditiupnya sangkakala.”
Sufyan meriwayatkan dalam al-Jami’, ia mengatakan: “Syeikh kami berkata, dari Sa’idbin al-Musayyab, ia mengatakan, “TIDAKLAH seorang nabi itu TINGGAL di dalam kuburnya lebih dari empat puluh malam, lalu ia diangkat.”
Al-Baihaqi menyatakan, atas dasar inilah mereka layaknya seperti orang hidup kebanyakan, sesuai dengan Allah menempatkan mereka.
‘Abdur Razzaq dalam Musnadnya meriwayatkan dari as-Tsauri, dari Abil Miqdam, dari Sa’id bin Musayyab, ia berkata: “TIDAKLAH seorang nabi mendiami bumi lebih dari empat puluh hari.” Abui Miqdam meriwayatkan dari Tsabit bin Hurmuz al-Kufi, seorang syeikh yang shaleh, Ibn Hibban dalam Tarikhnya dan Thabrani dalam al-Kabir serta Abu Nua’im dalam al-Hilyah, dari Anas radhiyallahu anhu berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang nabi pun yang meninggal, kemudian mendiami kuburnya kecuali hanya empat puluh hari.”
Imam Fakhrurrazi mengatakan:
***** awal kutipan *****
وقال الفخر الرازي : إن تلك النفوس لما فارقت أبدانها فقد زال الغطاء والوطاء وانكشف لها عالم الغيب
Sesungguhnya itu ruh-ruh (penduduk langit) manakala memisahi badannya, maka hilanglah kesusahan dan TERBUKALAH alam gaib untuk nya.
وقال أبو المواهب : ومعلوم أن الأولياء أحياء في قبورهم إنما ينقلون من دار إلى دار
Abul Mawahib mengatakan: Sudah diketahui bahwa para wali itu hidup dalam kubur mereka, hanya bahwasannya mereka berpindah dari negri (alam) ke negri (alam) lain
***** akhir kutipan *****
Wali Qutub habib Abdullah Al Haddad berkata:
***** awal kutipan *****
فهم أحياء في قبورهم وإذا كان الولي حيا في قبره فإنه لم يفقد شيئا من علمه وعقله وقواه الروحانية بل تزداد أرواحهم بعد الموت بصيرة وعلما وحياة روحانية وتوجها إلى الله، فإذا توجهت أرواحهم إلى الله تعالى في شيء قضاه سبحانه وتعالى
Mereka hidup dalam kubur mereka, keadaan mereka hidup dalam kuburnya itu tidak mengurangi sedikitpun dari ilmunya, akalnya, dan kekuatan ruhnya,bahkan bertambah kuat penglihatan,ilmu,dan ruh mereka, hal mereka slalu tawajjuh kepada Allah, jika mereka tawajjuh kepada Allah meminta sesuatu, maka langsung Allah kabulkan,
فأهل البرزخ من الأولياء في حضرة الله تعالى فمن توجه إليهم وتوسل بهم فإنهم يتوجهون إلى الله تعالى في حصول مطلوبه
Para aulia di alam barzakh mereka berada di hadrat Allah, sangat dekat, maka barangsiapa tawassul kepada mereka , maka mereka akan menyampaikannya kepada Allah untuk diterima permintaannya
***** akhir kutipan *****
Pada awalnya para Sahabat bertawasul dengan menyebut nama-nama orang sholeh yang telah wafat yakni para Sahabat mencontohkan BERTAWASUL dengan AMAL KEBAIKAN dalam bentuk ucapan salam, ASSALAAMU ‘ALAA JIBRIIL, ASSSALAAMU ‘ALAA MIKAA`IIL, ASSALAAMU ‘ALAA FULAAN WA FULAAN (Semoga keselamatan terlimpah kepada Jibril, Mika’il, kepada fulan dan fulan yang telah wafat dan menjadi PENDUDUK LANGIT)
Namun kemudian Rasulullah menyederhanakan dan menggabungkan ucapan tawassulnya dengan ucapan :
“ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALA ‘IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN”
(Keselamatan juga semoga ada pada hamba-hamba Allah yang sholeh).
Kemudian Rasulullah menjelaskan,
فَإِنَّهُ إِذَا قَالَ ذَلِكَ أَصَابَ كُلَّ عَبْدٍ صَالِحٍ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ
“Sesungguhnya jika ia mengucapkannya, maka hal itu sudah mencakup seluruh hamba-hamba yang sholeh baik di langit maupun di bumi“. (HR Bukhari 5762 atau Fathul Bari 6230).
Haditsnya dapat dibaca pada https://hadits.in/bukhari/5762
Oleh karenanya berdoa setelah sholat lebih mustajab karena sholat berisi pujian kepada Allah, bertawassul dengan bershalawat kepada Rasulullah, bertawasul dengan para Malaikat dan bertawasul dengan hamba-hamba yang sholeh baik di langit maupun di bumi.
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu. Beliau radhiyallahu ‘anhuma berkata,
إذا دخل البيت غير المسكون، فليقل
السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ
“Jika seseorang masuk rumah yang tidak berpenghuni, maka ucapkanlah,
‘Assalaamu ‘alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin.’
(Salam/keselamatan bagi diri kami dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh.)” (Adabul Mufrad, 806/ 1055)
Begitupula dalam susunan doa setelah sholat, sebelum doa inti kita panjatkan kepada Allah Ta’ala, kita menjaga ADAB dalam BERDOA diawali bertawasul dengan amal kebaikan yakni memohonkan ampunan kepada PENDUDUK LANGIT termasuk kaum mukmin yang telah wafat.
“Astaghfirullahalazim li wali waa lidaiya wali jami il muslimina wal muslimat wal mukminina wal mukminat al ahya immin hum wal amwat”
“Ampunilah aku ya Allah yang Maha Besar, kedua ibu bapaku, semua muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat yang masih hidup dan yang telah mati.”
Sebaliknya PENDUDUK LANGIT yakni para kekasih Allah (Wali Allah) yang telah wafat, jika mereka menginginkan dapat mendoakan kepada Allah Ta’ala bagi penduduk dunia yang menjalin tali silaturahmi dengan mereka
Rasulullah bersabda, “Hidupku lebih baik buat kalian dan matiku lebih baik buat kalian. Kalian bercakap-cakap dan mendengarkan percakapan. Amal perbuatan kalian disampaikan kepadaku. Jika aku menemukan kebaikan maka aku memuji Allah. Namun jika menemukan keburukan aku memohonkan ampunan kepada Allah buat kalian.” (Hadits ini diriwayatkan oelh Al Hafidh Isma’il al Qaadli pada Juz’u al Shalaati ‘ala al Nabiyi Shallalahu alaihi wasallam. Al Haitsami menyebutkannya dalam Majma’u al Zawaaid dan mengkategorikannya sebagai hadits shahih)
Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya perbuatan kalian diperlihatkan kepada karib-kerabat dan keluarga kalian yang telah meninggal dunia. Jika perbuatan kalian baik, maka mereka mendapatkan kabar gembira, namun jika selain daripada itu, maka mereka berkata: “Ya Allah, janganlah engkau matikan mereka sampai Engkau memberikan hidayah kepada mereka seperti engkau memberikan hidayah kepada kami.” (HR. Ahmad dalam musnadnya).
Apakah mereka yang melarang (mengharamkan) bertawasul dengan Rasulullah maupun para Wali Allah yang telah wafat TIDAK PERCAYA Rasulullah maupun para Wali Allah yang telah wafat dapat MENDENGAR dan BERDOA kepada Allah ?
Rasulullah bersabda bahwa ahli kubur dapat mendengar namun mereka tidak dapat menjawab secara langsung.
Dari Tsabit Al Bunani dari Anas bin Malik Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam meninggalkan jenazah perang Badar tiga kali, setelah itu beliau mendatangi mereka, beliau berdiri dan memanggil-manggil mereka, beliau bersabda: Hai Abu Jahal bin Hisyam, hai Umaiyah bin Khalaf, hai Utbah bin Rabi’ah, hai Syaibah bin Rabi’ah, bukankah kalian telah menemukan kebenaran janji Rabb kalian, sesungguhnya aku telah menemukan kebenaran janji Rabbku yang dijanjikan padaku. Umar mendengar ucapan nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam, ia berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana mereka mendengar dan bagaimana mereka menjawab, mereka telah menjadi bangkai? Beliau bersabda: Demi Dzat yang jiwaku berada ditanganNya, kalian tidak lebih mendengar ucapanku melebihi mereka, hanya saja mereka tidak bisa menjawab (secara langsung) (HR Muslim 5121 atau Syarh Shahih Muslim 2874 atau 2875 )
Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Saya masuk ke dalam rumahku di mana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dikubur di dalam dan juga ayahku. Saya melepas baju saya. Saya berkata: Mereka berdua adalah suami dan ayahku. Namun ketika Umar dikubur bersama mereka, saya tidak masuk ke rumahku kecuali dengan busana menutup rapat karena malu kepada Umar”
Jadi durhakalah mereka yang mengatakan,
“Tongkat ini lebih berguna daripada Rasulullah karena tongkat bermanfaat bisa dipakai untuk memukul ular, sedangkan Rasulullah telah wafat dan tidak ada sedikitpun kemanfaatan yang tersisa darinya”
Kita bersholawat (doa keselamatan) kepada Rasulullah bukan berarti Rasulullah membutuhkan sholawat (doa keselamatan) dari umatnya.
Dengan umat Islam bersholawat kepada Rasulullah maka umat Islam menyambung tali silaturahmi dan MENDAPATKAN MANFAAT dari Rasulullah yang telah wafat yakni balasan salam atau doa keselamatan dari Rasulullah dengan kedekatan maqom (manzilah, kedudukan, derajat) Beliau di sisi Allah.
Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seseorang mengucapkan salam kepadaku kecuali Allah mengembalikan ruhku kepadaku sehingga aku membalas salam.(HR. An-Nasa’i Al-Hakim 2/421)
Begitupula MEREKA yang melarang (mengharamkan) bertawasul dengan Rasulullah maupun para Wali Allah yang telah wafat seharusnya menggunakan AKAL atau KECERDASANNYA untuk apa Rasulullah mengajarkan dan mencontohkan mengucapkan salam kepada ahli kubur, apakah sia-sia serupa ngomong dengan tembok ?
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Tidak seorang pun melewati kuburan saudaranya yang mukmin yang dia kenal selama hidup di dunia, lalu orang yang lewat itu mengucapkan salam untuknya, kecuali dia mengetahuinya dan menjawab salamnya itu.” (Hadis Shahih riwayat Ibnu Abdul Bar dari Ibnu Abbas di dalam kitab Al-Istidzkar dan At-Tamhid)
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Tidak seorangpun yang mengunjungi kuburan saudaranya dan duduk kepadanya (untuk mendoakannya) kecuali dia merasa bahagia dan menemaninya hingga dia berdiri meninggalkan kuburan itu.” (HR. Ibnu Abu Dunya dari Aisyah dalam kitab Al-Qubûr).
PENDUDUK LANGIT juga bisa menyaksikan dan mengenal hamba-hamba kekasih Tuhan di bumi sebagaimana dinyatakan Rasulullah, “Sesungguhnya para penghuni langit mengenal penghuni bumi yang selalu mengingat dan berzikir kepada Allah bagaikan bintang yang bersinar di langit.”
Dalam Al Qur’an dinyatakan dalam ayat, “Untuk mereka kabar gembira waktu mereka hidup di dunia dan di akhirat.” (QS Yunus [10] : 64).
Para ulama tafsir mengomentari ayat ini sesuai dengan pengalaman sahabat Nabi Muhammad, Abu Darda’, yang menanyakan apa maksud ayat ini. Rasulullah menjelaskan, “Yang dimaksud ayat ini ialah mimpi baik yang dilihat atau diperlihatkan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadanya.”
Dalam ayat lain lebih jelas lagi Allah berfirman, “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya.” (QS al-Zumar [39]:42).
Rasulullah bersabda, “sebagaimana engkau tidur begitupulah engkau mati, dan sebagaimana engkau bangun (dari tidur) begitupulah engkau dibangkitkan (dari alam kubur)”
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah membukakan kepada kita salah satu sisi tabir kematian. Bahwasanya tidur dan mati memiliki kesamaan, ia adalah saudara yang sulit dibedakan kecuali dalam hal yang khusus, bahwa tidur adalah mati kecil dan mati adalah tidur besar.
Abdullah Ibnu Abbas radhiyallahu anhu pernah berkata, “ruh orang tidur dan ruh orang mati bisa bertemu diwaktu tidur dan saling berkenalan sesuai kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadanya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menggenggam ruh manusia pada dua keadaan, pada keadaan tidur dan pada keadaan matinya.”
Ibnu Zaid berkata, “Mati adalah wafat dan tidur juga adalah wafat”.
Al-Qurtubi dalam at-Tadzkirah mengenai hadis kematian dari syeikhnya mengatakan: “Kematian bukanlah ketiadaan yang murni, namun kematian merupakan perpindahan dari satu keadaan (alam) kepada keadaan (alam) lain.”
Para ulama Allah yang kasyaf mengabarkan bahwa secara garis besar alam terdiri dari
alam nasut (alam mulk / alam jasad)
alam malakut (alam mitsal)
alam jabarut (alam ruh)
alam lahut
Alam lahut adalah alam derajat/tingkatan/maqom nya di atas Alam Jabarut
Alam Jabarut, adalah alam yang “paling dekat” dengan aspek-aspek Ketuhanan, penghuni alam Jabarut adalah ‘sesuatu yang bukan Allah dalam aspek Ahadiyyah’, melainkan derivasi (turunan) dari aspek Ahadiyyah yang tertinggi selain apa pun yang ada. Misal penghuni alam ini adalah Nafakh Ruh (Tiupan Ruh Allah) yang mampu manghidupkan jasad, Ruh Al-Quds.
Alam Malakut adalah suatu alam yang tingkat kedekatan dengan aspek Allahnya lebih rendah dari Alam Jabarut, namun masih lebih tinggi dari Alam Mulk.
Baik Alam Jabarut maupun Alam Malakut, keduanya adalah realitas/wujud yang tidak dapat ditangkap oleh indera jasadiah kita.
Indera jasad biasanya hanya bisa menangkap sesuatu yang terukur secara jasad, sedang Alam Jabarut dan Alam Malakut memiliki ukuran melampui ukuran jasad. Misal penghuni Alam Malakut adalah malaikat, An-nafs (jiwa).
Alam Mulk, adalah alam yang tingkat kedekatannya dengan aspek Allah adalah yang paling rendah.
Dalam wujudnya terbagi menjadi 2, yang tertangkap oleh indera jasad dan yang gaib (dalam arti tidak tertangkap/terukur) bagi indera jasad.
Jadi karena keterbatasan indera jasad kita, ada wujud yang sebetulnya bukan penghuni alam-alam yang lebih tinggi dari alam mulk, tetapi juga tidak tertangkap kemampuan indera jasad.
Yang terukur oleh indera jasad contohnya tubuh/jasad manusia, jasad hewan, jasad tumbuhan.
Sedangkan penghuni alam mulk yang tidak terukur oleh indera jasad contohnya adalah jin dengan segala kehidupannya. Jin dengan segala kehidupannya bisa dimengerti oleh indera-indera malakuti (indera-indera an-nafs/jiwa)
MARILAH coba renungkan, ketika telah wafat yakni ketika mulut terkunci dan memori atau ingatan di kepala tidak bisa “dipanggil” lagi, lalu siapakah yang akan menjawab pertanyaan di alam kubur?
Tentu bukanlah DIRI JASAD manusia yang bernama fulan bin fulanah yang dapat dilihat dengan mata kepala yang akan menjawab namun DIRI SEJATI yang dapat dilihat dengan pandangan kasyaf yang akan menjawab pertanyaan di alam kubur.
Kabar tentang ruh manusia yang durhaka karena tidak melaksanakan amr atau perintah Allah.
Ruhnya kemudian dikembalikan ke jasadnya. Selanjutnya datanglah kepadanya dua orang malaikat lantas mendudukkannya.
Mereka bertanya kepadanya, “Siapakah Tuhanmu?” Ia menjawab, “Ee..ee..ee.. saya tidak tahu.” Mereka bertanya lagi, “Apa agamamu?” Ia menjawab, “Ee..ee..ee.. saya tidak tahu.”
Setelah itu terdedengar sebuah panggilan dari langit, “Jika ia benar-benar berdusta, hamparkanlah untuknya sebuah hamparan yang terbuat dari api neraka, dan bukakanlah untuknya sebuah pintu yang menuju ke neraka.”
Ketika pintu itu dibuka, maka panas dan racunnya langsung menembus badannya dan kuburannya pun menjadi semakin sempit dan menghimpit badannya sehingga tulang-tulangnya berserakan.
Ia kemudian didatangi seorang laki-laki yang berwajah buruk, berpakaian buruk dan berbau busuk.
Orang itu berkata kepadanya, “Berbahagialah kamu dengan sesuatu yang membinasakanmu. Hari ini adalah hari kesengsaraanmu yang telah Allah janjikan!”
Orang yang mati durhaka itu kemudian bertanya, “Siapakah engkau? Wajahmu sangat buruk.” Ia menjawab, “AKU adalah AMAL BURUK mu”.
Kabar tentang ruh manusia beriman
Lalu terdengarlah sebuah panggilan dari langit, “Jika memang hamba-Ku ini benar, maka hamparkanlah untuknya (permadani) dari surga, berilah ia pakaian dari surga, dan bukakanlah untuknya pintu yang menuju surga.” Kemudian ruh orang yang beriman dikembalikan ke jasadnya beserta bau wangi-wangiannya, lalu diluaskan kuburannya sejauh mata memandang.
Selanjutnya datanglah seorang laki-laki tampan yang berpakaian bagus dan berbau harum. Ia berkata, “Berbahagialah dengan segala yang membahagiakan Anda. Ini adalah hari kebahagiaan Anda yang telah Allah janjikan.” Orang beriman tersebut bertanya, “Siapakah engkau? Wajahmu tampan sekali.” Ia menjawab, “AKU adalah AMAL SHOLEH Anda.”
Contoh hadits yang memuat tentang kabar bentuk ruh atau jiwa (al nafs) manusia yang durhaka dan kabar bentuk ruh atau jiwa (al nafs) manusia yang beriman seperti termuat dalam musnad Ahmad 17803.
Dari kalangan Tabi’in, ‘Ubaid bin ‘Umair radhiyallahu anhu berkata,”Yang mendapatkan pertanyaan kubur hanya dua orang, yaitu orang mukmin dan orang munafik. Adapun orang kafir, maka mereka tidak ditanya tentang Muhammad dan mereka juga tidak mengenalnya” (Fathul Baari, 3/238).
Begitupula Ibnu Abdil Barr berkata, “Hadis-hadis dalam masalah ini (fitnah kubur) hanyalah menunjukkan bahwa fitnah kubur tidaklah dialami kecuali hanya bagi orang beriman dan orang munafik yang ketika di dunia menisbatkan (mengaku) dirinya sebagai orang Islam yang terjaga darahnya karena mengucapkan dua kalimat syahadat. Adapun orang kafir yang ingkar, maka tidaklah termasuk orang-orang yang ditanya tentang Rabb-nya, agamanya, dan Nabi-nya. Yang ditanya tentang hal itu hanyalah orang muslim saja” (At-Tamhid, 22/251).
Allah Ta’ala berfirman,
هَمَّازٍ مَّشَّاۤءٍۢ بِنَمِيْمٍۙ
“yang banyak mencela, yang kian ke mari menghamburkan fitnah (QS Al Qalam [68] : 11)
Rasululllah bersabda,
إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنَ الْبَوْلِ، وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ
Sesungguhnya penghuni kedua kuburan ini benar-benar sedang diazab, dan keduanya diazab bukanlah karena mengerjakan dosa besar. Salah seorangnya mempunyai kebiasaan tidak pernah bersuci sehabis buang air kecilnya, sedangkan yang lainnya mempunyai kebiasaan berjalan kian kemari menghambur hasutan (mengadu domba)”.
Jadi seorang laki-laki yang berwajah buruk, berpakaian buruk dan berbau busuk dan yang mengatakan dirinya “AKU adalah AMAL BURUK anda” adalah bentuk ruh atau jiwa (al nafs) dari manusia yang durhaka yang kelak akan mendapatkan azab kubur di ALAM BARZAKH (alam penantian) yang lebih lama dari ALAM DUNIA sampai hari dibangkitkan kembali.
Sedangkan seorang laki-laki tampan yang berpakaian bagus dan berbau harum yang mengatakan dirinya “AKU adalah AMAL SHOLEH Anda” merupakan bentuk ruh atau bentuk jiwa (an nafs) orang beriman dan beramal sholeh yang kelak menjadi PENDUDUK LANGIT.
Ada sebagian di antara manusia yang dapat melihat bentuk DIRI SEJATI dirinya sendiri atau orang lain.
Mereka dapat menengok ke alam malakut. Kemampuan itu diperoleh karena mereka sudah melatih mata batinya dengan riyadhah kerohanian atau karena anugrah Allah Ta’ala (al-mawahib al-rabbaniyyah).
Pada suatu hari Abu Bashir berada di Masjid A-Haram. la terpesona menyaksikan ribuan orang yang bergerak mengelilingi Kabah, mendengarkan gemuruh tahlil, tasbih, dan takbir mereka. Ia membayangkan betapa beruntungnya orang-orang itu. Mereka tentu akan mendapat pahala dan ampunan Tuhan.
Imam Ja’far Al-Shadiq radhiyallahu anhu, ulama besar dari keturunan cucu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, menyuruh Abu Bashir menutup matanya. Imam Ja’far mengusap wajahnya. Ketika ia membuka lagi matanya, ia terkejut. Di sekitar Ka’bah ia melihat banyak sekali binatang dalam berbagai jenisnya- mendengus, melolong, mengaum. Imam Ja’far berkata, “Betapa banyaknya lolongan atau teriakan; betapa sedikitnya yang haji.”
Apa yang disaksikan Abu Bashir pada kali yang pertama (penglihatan pertama) adalah bentuk tubuh-tubuh manusia. Apa yang dilihat kedua kalinya (penglihatan kedua) adalah bentuk-bentuk DIRI SEJATI mereka.
Seperti tubuh, DIRI SEJATI mempunyai rupa yang bermacam-macam: buruk atau indah; juga mempunyai bau yang berbeda: busuk atau harum. Rupa DIRI SEJATI jauh lebih beragam dari rupa tubuh. Berkenaan dengan wajah lahiriah, kita dapat saja menyebut wajahnya mirip binatang, tapi pasti ia bukan binatang. DIRI SEJATI dapat betul-betul berupa binatang -babi atau kera.
Firman Allah Ta’ala yang artinya, “Katakanlah: apakah akan Aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk kedudukannya di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka ada yang dijadikan kera dan babi dan penyembah Thagut? Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus”. (QS Al-Maidah [5]: 60)
Dalam teori akhlak dari Hujjatul Islam Imam Al Ghazali bahwa orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya, akan memiliki bentuk DIRI SEJATI yang berbentuk babi; orang yang pendengki dan pendendam akan memiliki bentuk DIRI SEJATI yang berbentuk binatang buas; orang yang selalu mencari dalih buat membenarkan kemaksiatannya akan mempunyai bentuk DIRI SEJATI yang berbentuk setan (monster) dan seterusnya.
Oleh karenanya untuk memperindah bentuk DIRI SEJATI, kita harus melatihkan akhlak yang baik. Meningkatkan kualitas spiritual, berarti mernperindah akhlak kita.
Kita dapat simpulkan dari doa ketika bercermin. “Allahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii.’ (Ya Allah, sebagaimana Engkau indahkan tubuhku, indahkan juga akhlakku)
Wassalam
Zon di Jonggol, Kabupaten Bogor 16830
Tinggalkan komentar